Membuat dan setting teks annotative pada Autocad

Advertisemen

Dalam hal menggambar dengan autocad tidak selamanya kita menggunakan line dan hatch saja, seringnya kita juga harus menggunakan teks tulisan sebagai informasi elevasi lantai, kode struktur, hingga judul gambar.

Mengatur teks annotative juga penting untuk pembuatan dan setting dimensi agar skala teks pada dimensi dapat diatur sedemikian rupa supaya pas pada layout untuk proses save as sebagai file PDF.

Fungsi annotative sendiri di dalam autocad yaitu agar teks sesuai dengan besar ukuran gambar. Semisal teks dimensi sudah pas pada suatu denah dengan skala 1:100, bila dimensi tersebut digunakan pada gambar yang lebih kecil seperti gambar furniture maka teks dimensi akan terlalu besar, solusinya adalah dengan mengganti skalanya menjadi 1:150 atau 1:200.

Perintah atau command yang kita gunakan kali ini adalah ST atau style. Langsung saja, pertama ketik ST pada command bar dan enter kemudian akan muncul jendela pengaturan Text Style.

text style

Kedua buat style baru dengan klik New… Isikan nama stylenya, terserah mau diberi nama apa, kali ini berikan saja nama Contoh lalu klik OK. Kemudian klik style yang telah dibuat tadi lalu pada bagian Font Name: pilih jenis font yang disukai, kali ini saya pilih jenis font Lucida Sans.

Ketiga centang pada bagian Annotative dan pada bagian Height isikan 2.5 untuk ukurannya. Lalu pada Width factor: isikan 0.75 untuk lebar karakternya. Terakhir klik Apply dan Set Current untuk mengaktifkannya.

text style annotative 01

Sekarang silahkan anda mencoba text style tersebut dengan menggunakan perintah MT. berikut ini adalah demo text style yang telah dibuat tadi berupa Multiline Text dan Dimensi.

text style annotative

Untuk pembuatan dan setting dimensinya akan saya jelaskan di postingan berikutnya. Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments